RENCANA PELAKSANAAN KONSELING (RPK)



RENCANA PELAKSANAAN KONSELING
(RPK)
SMA LABORATORIUM PERCONTOHAN UPI BANDUNG

           
1.  Nama  Konseli                         :  Iwan Gunawan
2.  Kelas                                        :  XI. IPA
3.  Rumusan Masalah                    : Merasa dirinya terkekang karena takut dimarah orang tuanya.
4.  Rumusan  Tujuan   (kompetensi dasar)     
4.1.   konsele mampu menghilangkan rasa takut dan gelisah ketika mengikuti kegiatan baik akademik maupun ekstrakurikuler diluar jam pelajaran sekolah.
4.2.   Konsele dapat menyadari pentingnya berkomunikasi dengan orang tua sehingga mampu belajar secara efektif.
4.3.   menumbuhkan kesadaran kepada konsele bahwa dengan berkomunikasi mampu membantu dirinya dalam mengembangkan bakat dan minat dimasa depan.
5.   Pendekatan yang digunakan   : Psikoanalisis dengan memfokuskan pada kecemasan
6.   Pelaksanaan Konseling    
a.  Membuka Konseling          :
·         Menyambut, Memberi dan menjawab salam,menyebut nama konsele menanyakan  kabar  kesehatan dan lain - lain.
·         Mempersilahkan duduk
·         Memulai pembicaraan topik netral
·         Pemindahan topik netral ketopik awal konseling dengan pertanyaan pembuka
b.  Melaksanakan Konseling   :
     Langkah-langkah konseling
·         Konsele menceritakan masalahnya dengan suka rela
·         Merespon cerita konsele dan merumuskan rencana bantuan
·         Memotifasi konsele untuk mengungkapkan perasaanya secara bebas dan terbuka
·         Menciptakan suasana yang hangat dan akrab,shingga konsele leluasa menceritakan  masalahnya
·         Konselor Mendengarkan cerita konsele dan menjernihkan / menenangkan perasaan-perasaan yang negatif
·         Konselor menerima dan mengidentifikasi masalah konsele serta membantu menemukan penyebabnya lalu mengarahkan konsele untuk mengambil keputusan
·         Memantapkan konsele dengan keputusannya
·         Memberikan keyakinan kemampuan konsele sehingga tidak ketergantungan dengan  konselor
c.  Mengakhiri Konnseling      :
·         Memberitahukan kepada konsele bahwa konseling akan segera berakhir
·         konselor membuat kesimpulan atas pelaksanaan konseling pada sesi ini
·         Konselee menetapkan langkah-langkah yang akan ia lakukan agar dapat berkomunikasi dengan orang tua dan berkonsentrasi dalam belajar maupun mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
7.   Rencana Evaluasi hasil Konseling (Waktu dan Tempat)
  • Satu minggu setelah konseling konselor akan memanggil konselee,untuk menanyakan apakah sudah berkomunikasi dengan orang tua kaitannya dengan perasaan yang merasa terkekang ketika telat pulang kerumah sehingga tidak bias mengikuti kegiatan ekstrakurikuler disekolah.

  • Tempat : Ruang BK
  • Waktu : Sepulang sekolah.
  • Tanggal: 24 April 2018

8.   Instrument Evaluasi
-     Observasi: pengamatan langsung terhadap konsele dengan menanyakan langsung apakah ada perubahan yang signifikan pasca konseling dan memantau kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk kebaikan tugas-tugas berikutnya.

Komentar

Postingan Populer